Pilihan Menu Makanan Dalam Pernikahan

Pentingnya Memperhatikan Pilihan Menu Makanan Dalam Pernikahan

Menu makanan dalam pernikahan adalah salah satu poin penting demi terlaksananya acara pernikahan secara lancar. Tidak jarang tamu undangan mengeluhkan perihal makanan dalam pernikahan di belakang mempelai pria dan wanita dan juga keluarga keduanya. Hal ini memang tidak akan sampai ke telinga yang mempunyai hajat, namun akan terasa tidak menyenangkan bagi sahabat dekat yang mendengarnya.
Bukan hanya berkenaan dengan cita rasanya saja, namun juga berbagai hal seperti seberapa banyak porsi makanan dalam pernikahan, dan lain sebagainya. Porsi makanan yang terbatas tidak jarang mendatangkan kemungkinan bahwa ada tamu undangan yang datang di akhir dan tidak makan. Padahal acara sakral seperti pernikahan bukan sebuah acara di mana siapa cepat dia dapat makan.
Bicara tentang menu makanan di pernikahan, masing-masing orang memang memiliki selera yang berbeda-beda jika membicarakan makanan. Tapi di sini yang harus diperhatikan adalah selera orang umum, terutama tamu undangan, bukan hanya selera pengantin saja. Akan sangat disarankan juga bagi Anda supaya memesan catering serta mengurus segala perlengkapannya selama minimal 8 bulan.
Kenapa 8 bulan? Karena saking pentingnya menu makanan dalam pernikahan memberikan kesan tersendiri bagi semua tamu undangan. Jangan sampai pemilihan menu makanan yang keliru membuat Anda, keluarga, apalagi tamu undangan tidak turut merasakan kebahagiaan dalam perayaan sekali seumur hidup Anda. Jadi, lebih baik persiapkan semuanya secara sangat matang.

  • Berbagai Macam Menu Makanan Pernikahan

Pemilihan menu makanan tentu disesuaikan dengan target tamu undangan yang akan datang menghadiri acara. Katakan saja jumlah undangan yang disebar ada sekitar 500 eksemplar maka dengan demikian ibaratkan masing-masing tamu undangan membawa satu pasangan. Jumlahnya menjadi 1000 orang perkiraan tamu undangan yang akan datang. Akan sangat efektif jika memilih tipe makanan buffet.
Tapi jika Anda ingin menghadirkan konsep makanan berat lengkap dengan makanan ringan di satu tempat maka bisa mencoba makanan gubukan dengan menggunakan Sewa Meja . Di sini Anda bisa meletakkan berbagai variasi menu makanan berat didampingi makanan ringan. Katakanlah tamu undangan yang diundang ada 500 dan sudah dikali dua menjadi 1000, disarankan menu makanan dalam pernikahan harus disediakan sebanyak 40%.
Pilihan menu makanan pernikahan lainnya yang bisa Anda aplikasikan ketika melangsungkan acara pernikahan adalah tentu saja makanan ringan. Dalam sebuah pernikahan tidak dapat dibohongi bahwa kebanyakan orang tertarik pada makanan ringannya dibandingkan dengan hidangan utama. Bahkan bisa jadi dari ujung ke ujung orang hanya mencari makanan ringan, seperti es krim, kue tart potong, dan salad buah.

  • Pertimbangan yang Harus Diperhatikan Dalam Mempersiapakan Makanan Pernikahan

Mempersiapkan menu makanan dalam pernikahan tidak hanya bisa menyesuaikan dengan selera tamu, namun juga berapa jumlah tamu yang datang. Penyusunan menu makanan bisa didasarkan dari seberapa banyak orang yang diundang. Misalkan ada 300 undangan, dikali dua menjadi 600 undangan. Jika dirasa  belum cukup maka bisa menambahkan porsinya sebanyak 30 persen atau lebih, bergantung Anda.
Tips menyusun menu makanan lainnya yang bisa memperlancar acara pernikahan Anda adalah dengan memerhatikan kapan pelaksanaan waktu pesta dilakukan. Konon acara yang dilaksanakan saat siang dengan acara yang dilaksanakan ketika malam memiliki perbedaan rekomendasi pilihan menu. Bukan hanya itu, bahkan dari segi penyusunannya pun Anda akan disarankan untuk melakukan riasan yang berbeda.
Hal lainnya yang bisa dipertimbangkan ketika memilih Sewa Kursi dan menu makanan dalam pernikahan adalah tema pesta pernikahan yang dihelat. Bayangkan jika Anda menggelar pernikahan dengan tema eropa maka tidak mungkin memberikan menu makanan dengan khas Jawa. Jika ada yang memilih untuk mempersiapkan makanan seperti ini tentu saja akan terjadi ketimpangan dan benar-benar aneh.
Hal yang satu ini mungkin akan terdengar tidak masuk akal, akan tetapi ternyata variasi warna dari makanan menimbulkan kesan ingin dan tidak ingin mengonsumsinya. Jika Anda menggunakan jasa catering pastikan tidak hanya mencicipi makanan saja namun juga melihat seperti apa kiranya menu makanan akan disusun dalam meja di dalam sewa gubukan dekorasi. Estetika penyusunan makanan akan sangat penting di sini.

  • Rekomendasi Menu Makanan untuk Pernikahan Tema Lokal

Sekarang kita beranjak pada apa saja rekomendasi pilihan menu makanan dalam pernikahan yang harusi ada selama tema pernikahan Anda adalah adat Indonesia. Pertama di samping nasi putih Anda disarankan untuk menambahkan menu nasi goreng. Di sini tujuannya agar orang bisa memilih hendak makan dengan kudapan utama nasi goreng atau nasi putih. Bahkan terkadang ada yang mengkombinasikannya.
Menu makanan kedua yang direkomendasikan mesti ada dalam sebuah pernikahan adalah sate ayam atau sate kambing. Nyaris di semua pernikahan tentunya menyediakan menu ini, baik itu pernikahan yang dilaksanakan di rumah atau juga yang di gedung. Sate ini kental sekali dengan cita rasa nusantara, apalagi jika Anda mengambilnya lengkap dengan acar dan saus kecap jika ada. Jangan lupa menambahkan kerupuk.
Masih ada menu makanan dalam pernikahan lainnya yang direkomendasikan untuk disajikan kelak di saat pesta pernikahan Anda digelar. Menu makanan itu adalah pencuci mulut, seperti pudding. Biasanya orang akan menggunakan pisang untuk mencuci mulut, namun menggunakan pudding juga tidak kalah menarik. Ini juga sebagai antisipasi jika ada orang atau tamu undangan yang tidak menyukai buah-buahan.

  • Menu Makanan Wajib dalam Pernikahan Jawa

Mayoritas orang Indonesia merupakan berasal dari suku Jawa. Untuk itu dalam pembahasan kali ini kita akan mencari tahu apa saja menu yang harus ada dalam pernikahan bernuansa Jawa. Agar terasa kental dengan adat serta budaya Jawa, Anda disarankan untuk menyediakan jadah atau wajik. Konon orang Jawa percaya bahwa jadah atau wajik ini melambangkan kesetiaan dan kelanggengan pasangan dalam rumah tangga.
Menu makanan dalam pernikahan yang kedua harus ada dalam pernikahan dengan tradisi Jawa adalah bubur sumsum. Konon dengan symbol bubur sumsum ini pengantin dan juga kedua keluarga akan dilimpahi keberkahan, kesehatan, dan juga kekuatan dalam hidup. Warnanya yang putih melambangkan kesucian atau sesuatu yang sama sekali tidak bisa mendatangkan kesejahteraan bagi kedua keluarga.
Berikutnya dalam menu makanan orang Jawa ketika menggelar pernikahan Anda juga akan disarankan untuk menyediakan menu makanan pada pernikahan berupa es putar. Makanan sederhana dan ringan yang menyegarkan ini memiliki filosofi bahwa pengantin diharapkan untuk bisa mengatasi segala permasalahan. Seperti cara pembuatan es putar yang diputar-putar dan berhasil keluar serta memberikan sensasi rasa yang menyegarkan.
Berikutnya yang menarik dari pernikahan orang Jawa adalah disediakannya sop manten, di mana sop ini sama seperti sop pada kebanyakan. Hanya saja yang membedakan adalah dalam sop manten ini terdapat ayam dan juga macaroni. Tidak lupa juga tambahan kaldu ayam lezat untuk mengentalkan rasa. Orang percaya bahwa keberagaman sayur dalam sop yang menimbulkan rasa lezat merupakan symbol pemersatu kedua mempelai.
Banyak sekali hal menarik tentang bukan sekedar menu makanan dalam pernikahan yang bisa dinikmati serta dicari tahu maknanya.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar